HOME // Pemerintahan

Dinas P3AKB Kab Sidoarjo Gelar Layanan KB Gratis Saat Hari Jadi Sidoarjo ke-164

 Pada: Selasa, 24 Januari 2023

Sidoarjo, Media Online Kompaspublik.com-Masyarakat Kab Sidoarjo bisa memanfaatkan pelayanan KB gratis saat peringatan Hari Jadi Sidoarjo ke-164 tahun 2023. Renacananya akan digelar pada 27 Januari, mendatang, di RS Kirana yang ada di Kelurahan Sepanjang Kec Taman.

Kabid Keluarga Berencana dan Ketahanan Keluarga Dinas P3AKB Kab Sidoarjo, Rachmad Satriyawan SSos MHP, mengatakan pelayanan juga bisa didapat di semua wilayah Puskesmas di Kab Sidoarjo. “Ada pelayanan pasang IUD, Implant, MOW, juga MOP atau KB pria,” kata Satriyawan, Senin (23/1) kemarin.

Menurut Satriyawan, Quota yang akan dilayani bisa sebanyak-banyaknya. Maka itu masyarakat Sidoarjo diharapkan untuk memanfaatkan pelayanan gratis tersebut. Pelayanan di Puskesmas akan dimulai pada pukul 08.00 WIB.

Diakui oleh dirinya, peserta KB pria atau MOP biasanya minim peserta. Untuk kegiatan pelayanan safari KB ini, info sementara, ada 2 orang calon akseptor yang berasal dari Faskes di Pukesmas Buduran. “Nanti kalau datanya fix, saya infokan kembali,” katanya.

Data dari BPS Provinsi Jawa Timur tahun 2021 lalu, jumlah pasangan usia subur (PUS) di Kab Sidoarjo ada 338.493. Yang ikut keluarga berencana ada 266.519. Alat kontrasepsi yang paling banyak dipakai adalah suntik ada 150.048. Sedangkan yan yang paling sedikit adalah MOP atau KB pria ada 591 akseptor.(an)

Baca Juga :  Disbudpar Perhatikan Juru Pelihara Situs dan Makam Wali

Sudah dibaca : 18 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.