HOME // Pemerintahan

Pemkab Sidoarjo Kebut Perbaikan hingga Betonisasi

 Pada: Jumat, 10 Maret 2023

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor saat meninjau betonisasi.

Sidoarjo, Media Online kompaspublik.com-Tahun 2023 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo terus mengebut proses betonisasi serta perbaikan banyak ruas jalan yang mengalami kerusakan di Kota Delta.

Dalam unggahan di instagram pribadinya @ahmadmuhdlorali, Rabu (8/3/2023) lalu, bupati muda itu tampak terjun langsung mengecek ruas jalan jalan ruas Tarik-Mliriprowo yang banyak dikeluhkan masyarakat. Dia menyebut kalau kerusakan ruas jalan tersebut cukup parah karena kebanyakan dilewati truk dengan muatan berat.

“Itulah kenapa tahun lalu saya putuskan kalau jalan ini harus dibeton. Proses lelang kini sedang berjalan untuk menunjuk pelaksana betonisasi. Insyaallah April 2023 sudah terpilih pemenang lelangnya dan bisa segera dieksekusi,” ujar Muhdlor di unggahan tersebut.

Sementara itu,  Akun resmi instagramnya, Kamis (9/3/2023) mengatakan, seluruh pengerjaan perbaikan jalan tersebut dilakukan secara bertahap, tidak bisa sekaligus.

“Jangan kagetan, jalan antar desa-kecamatan di Sidoarjo pada waktunya nanti akan mulus seperti yang masyarakat harapkan,” ungkapnya dalam unggahan tersebut.

Sementara dalam unggahan di instagram pribadinya @ahmadmuhdlorali, Rabu (8/3/2023) lalu, bupati muda itu tampak terjun langsung mengecek ruas jalan jalan ruas Tarik-Mliriprowo yang banyak dikeluhkan masyarakat. Dia menyebut kalau kerusakan ruas jalan tersebut cukup parah karena kebanyakan dilewati truk dengan muatan berat.

Diketahui, jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Sidoarjo totalnya sepanjang 1.021,3 kilometer. Kondisi jalan yang masuk kategori baik panjangnya 970,79 km, sedangkan yang kondisinya rusak berat/ringan karena musim hujan dan dilewati kendaraan bermuatan melebihi tonase tersisa 50,58 km.I

a menegaskan proyek jalan beton merupakan program prioritasnya yang akan terus dilanjutkan sampai jalan kabupaten sepanjang 1.021,3 km tersebut kondisi masuk kategori mantab atau baik.

Baca Juga :  Menyoalkan Dugaan Penyimpangan LPJU, Forkim Datangi Inspektorat

“Dalam dua tahun ini kita kebut proyek jalan beton. Karena ini memang program prioritas kami untuk memperlancar akses ekonomi antar desa dan kecamatan,” jelasnya.

Bupati Sidoarjo menambahkan, soal Jalan Lingkar Timur pada tahun ini memang sudah masuk dalam rencana peningkatan. Sedangkan untuk ruas Jalan Banjarsari, perbaikannya akan dikerjakan oleh pihak pengembang yang mengerjakan proyek SPAM Umbulan sebagai bentuk tanggung jawabnya. Karena pengerjaan proyek SPAM Umbulan tersebut diketahui juga menimbulkan kerusakan jalan lebih dari satu km tersebut.

Sebagai informasi, betonisasi yang segera dimulai pada April 2023 terdapat di 12 ruas jalan sebagai berikut:

  • Jalan Raya Desa Banjarsari – Desa Damarsari (Kecamatan Buduran).
  • Jalan Raya Desa Sukolegok (Kecamatan Sukodono) – Desa Geluran (Kecamatan Taman).
  • Desa Ngingas – Desa Tropodo (Kecamatan Waru), Desa Betro (Kecamatan Sedati).
  • Desa Damarsi (Kecamatan Buduran).
  • JL Raya Desa Kedondong – Tulangan (Kecamatan Tulangan).
  • JL Raya Desa Durungbedug (Kecamatan Candi) – Desa Sudimoro (Kecamatan Tulangan).
  • Desa Durungbedug (Kecamatan Candi) – Desa Medalem (Kecamatan Tulangan).
  • Desa Kedungbanteng – Desa Banjarpanji (Kecamatan Tanggulangin).
  • Jalan Raya Desa Tarik – Mliriprowo (Kecamatan Tarik).
  • Desa Bringinbendo – Desa Tanjungsari (Kecamatan Taman).
  • Desa Krembung – Desa Mojoruntut (Kecamatan Krembung).

Dua ruas di Jalan Raya Desa Krembung – Desa Mojoruntut. (An/red)


Sudah dibaca : 19 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.