HOME // Pemerintahan

Pemkot Mojokerto Kembali Terima UHC Award

 Pada: Rabu, 15 Maret 2023

Mojokerto, Media Online kompaspublik.com – Pemerintah Kota Mojokerto kembali menerima Universal Health Coverage (UHC) Award. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin di Gedung Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Dengan tercapainya UHC oleh 22 Provinsi dan 334 Pemerintah Kabupaten/Kota, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasi kepada seluruh kepala daerah yang memiliki komitmen tinggi memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat. Ia menambahkan pemberian jaminan kesehatan ini bukan hanya sekedar untuk menjalankan regulasi.

“Dukungan optimalisasi pelaksanaan program JKN dari seluruh pemangku kepentingan hendaknya tidak hanya sebatas pemenuhan Inpres, namun lebih dilandasi itikad untuk senantiasa meningkatkan pelayanan dan perlindungan seluruh masyarakat,” jelas Wapres RI sebagaimana dipublikasikan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto.

Hingga Maret 2023, sebanyak 140.254 jiwa dari 140.442 warga Kota Mojokerto atau 99,87% secara aktif terdaftar dalam BPJS Kesehatan. Hal tersebut menunjukkan bahwa hampir 100% warga Kota Mojokerto telah mendapatkan jaminan kesehatan.

Atas capaian ini, Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung tercapainya pelayanan kesehatan yang maksimal di Kota Mojokerto termasuk kepada BPJS Kesehatan.

“Kota Mojokerto telah meraih predikat UHC sejak tahun 2017. Kami terus berupaya untuk meningkatkan capaian tersebut hingga saat ini hampir 100 persen warga Kota Mojokerto telah mendapatkan jaminan kesehatan melalui JKN-KIS,” terang wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini.

Lebih lanjut Ia menyampaikan bahwa kesehatan masyarakat menjadi salah satu prioritas selama kepemimpinannya di Kota Mojokerto. “Dengan memberikan jaminan kesehatan kami berupaya untuk meringankan beban masyarakat,” lanjut Ning Ita.

Sebagai informasi hingga saat ini warga Kota Mojokerto yang sudah ter-cover BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut: Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN sebesar 29.614 jiwa, Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD sebanyak 50.045 jiwa, Pekerja Penerima Upah (PPU) sebanyak 43.841 jiwa, Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) sebanyak 12.112 jiwa dan Peserta Bukan Pekerja (BP) sebanyak 4.642 jiwa.

Baca Juga :  Sebagai HUT ke-17, RSUD R.A Basoeni Gelar Seminar Manajemen Perawatan

Selain memberikan jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan, Pemerintah Kota Mojokerto juga telah memberikan jaminan Sosial berupa BPJS Ketenagakerjaan bagi Ketua RT/RW, tenaga keagamaan, dan kelompok rentan. (idc/tw)


Sudah dibaca : 30 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.