HOME // Pemerintahan

596 Desa Wisata Bisa Jadi Destinasi Libur Lebaran

 Pada: Rabu, 19 April 2023

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Hudiyono

Surabaya, Media Online Kompaspublik.com – Jawa Timur memiliki 596 Desa Wisata yang bisa menjadi potensi destinasi saat libur lebaran idulfitri 1444 H nanti. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Disbudpar Jatim), Hudiyono, Selasa (18/4/2023).

“Silakan melihat betapa cantik dan indahnya desa-desa yang dibiayai oleh masyarakat ini dan ketika nanti ada pemudik melihat desa tempat tinggalnya kaget, desa saya kok menjadi cantik, indah, ramai, pendapatannya tinggi,” ujarnya.

Kadis Hudiyono menjelaskan, daya tarik kepariwisataan Jawa Timur juga terus berkembang karena ada Inisiasi, Kolaborasi, dan Inovasi (IKI) dari berbagai pihak.

“Jadi para pemudik jangan cepat pulang, ingat tempat kelahiran, ingat perkembangan daerah, ingat datang ke desa itu memberikan sodaqoh pikiran, harta, silaturahmi. Semoga kerawuhan para pemudik ke Jatim menjadi berkah karena kalau ada wisata, berarti ada akses, ada homestay, ada kegiatan,” terang Kadisbudpar Jatim.

Ia pun menerangkan, di Jatim ada lebih kurang 1.368 daya tarik, baik wisata alam maupun budaya. “Sehingga ini yang banyak mendorong masyarakat untuk bisa melihat kebudayaan asli daerah tersebut. Di Jatim juga begitu banyak wisata alam yang berupa pantai, perkebunan, pemandangan, dan sebagainya,” katanya.

Hudiyono menjelaskan, tahun ini Jawa Timur akan kedatangan para pemudik yang jumlahnya lebih kurang sebanyak 24 juta orang. Sementara masyarakat Jawa Timur yang akan mudik lebih kurang 21 juta orang. Pihaknya pun terus gencar melakukan promosi wisata Jawa Timur ke berbagai provinsi.

“Kami sudah membuat beberapa paket wisata yang ada di Jawa Timur atas kerja sama dengan stakeholder kabupaten/kota, forkopimda kabupaten/kota juga yang berkaitan dengan hotel, tokoh masyarakat yang ada di desa. Masyarakat dapat mendapatkan informasi paket itu nanti di IG Disbudpar Jatim, ada buku panduan paket wisata,” jelasnya. (an)

Baca Juga :  Permendag Tentang Impor Limbah Agar Di Direvisi

Sudah dibaca : 42 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.