HOME // Peristiwa

Peringati HUT RI Ke -78, DPW Gebu Minang Jatim Gelar Lomba Tradisional Budaya Minang

 Pada: Selasa, 29 Agustus 2023

Surabaya, Media Allround Kompaspublik – Momentum Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan tonggak bersejarah bagi bangsa dan negara Republik Indonesia karena pada tanggal tersebut bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya.

Memperingati kemerdekaan Indonesia rakyat Indonesia selalu memeriahkan dengan berbagai macam kegiatan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada bangsa Indonesia.

Dalam memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun. Kali ini, DPW Gebu Minang Jatim melalui Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang bekerjasama dengan IKKATOS (Ikatan Keluarga Kenagarian Toboh Gadang Sekitarnya) di bawah payung panji Gebu Minang Jatim menggelar kegiatan dalam bentuk pertandingan Domino dan Koa dan lomba-lomba tradisional budaya minang.

Perlombaan Domino dan Koa merupakan permainan tradisional yang membudaya bagi masyarakat minang, terutama di pedesaan dalam upaya memupuk tali silahturahmi. Pada waktu sore hingga larut malam setiap ada kegiatan dan peayaan.selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat minang.

Kegiatan tersebut dibuka mulai tanggal 16 Agustus 2023 dan ditutup tanggal 27 Agustus 2023 di rumah gadang Minangkabau Surabaya. Puncak terakhir acara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 juga digelar bazar kuliner masakan padang dan hiburan election dan aktris-aktris Minang Ibukota.

Ketua DPW Gebu minang Jatim Dr. Ir. H Sumarzen Marzuki, MM yang juga merupakan Caleg (Calon Legislatif) DPR RI Dapil Jatim 1 (Surabaya- Sidoarjo) di sela-sela acara mengatakan, kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-78 tahun masyarakat minang selalu antusias dan semangat. Terbukti, masyarakat minang selalu membangun negaranya yaitu bangsa Indonesia dengan mengisi kemerdekaan sekaligus mengingat sejarah dan berterima kasih kepada para pejuang pendiri bangsa.

” Dalam kesempatan ini, saya sampaikan kepada masyarakat minang dimanapun berada selalu solid, semangat bahwa kemerdekaan ini bukan nilai rendah. Namun, memiliki nilai di atas yang harus diperjuangkan dan dipertahankan bila perlu ditingkatkan sebagai generasi. Ini pesan dari tokoh-tokoh kita terutama masyarakat minang,” jelas pak Marzen panggilan akrab Ketua DPW Gebu Minang Jatim tersebut.

Baca Juga :  Densus 88 Anti Teror, Tangkap Enam Terduga Teroris di Jatim

Di tempat yang sama Waka I Gebu Minang Jatim Joni, SE menambahkan, dengan kegiatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada generasi yang telah mensukseskan kegiatan ini dengan penuh semangat, penuh antusias dan penuh keyakinan bahwa bangsa ini, Indonesia, NKRI harga mati.(an)


Sudah dibaca : 27 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.