HOME // Pariwara // Pemerintahan

RSUD Dr Soetomo, Siapkan Ratusan Tenaga On Call Selama Liburan

 Pada: Jumat, 8 Juni 2018

Media Online Kompas Publik- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo Surabaya menyiagakan 246 tenaga on call, yang akan siap melayani 24 jam selama libur Lebaran 2018.


Menurut dr. Harsono, Direktur RSUD Dr. Soetomo Surabaya, bshwa ratusan tenaga on call itu disiagakan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang membutuhkan. Dan secara keseluruhan persiapan internal atau tenaga kesehatan sudah sangat lengkap dan sudah cukup siap dalam menghadapi libur lebaran, yang terhitung sejak tanggal 11 Juni hingga 20 Juni 2018.
“Secara internal, baik tenaga kesehatan seperti perawat, dokter, lalu ambulan dan obat-obatan, sudah siap. Fokus kami ke jadwal, untuk tenaga medis bisa tetap melayani. Kami punya dokter semuanya sekitar 450 an. Tapi untuk dokter on call nya kami sediakan 246 petugas, selama liburan,” Kata dr Harsono, di ruang Bhakti Husada RSUD Dr Soetomo, Kamis (7/6/2018).

Selama masa libur lebaran, masih kata dr. Harsono, unit rawat jalan akan tutup sementara. Pihaknya akan menitik pusatkan pada pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD). Sedang untuk sarana operasional, dr Harsono mengatakan semuanya juga akan standby selama 24 jam dan sudah dipersiapkan. Mulai dari ambulan umum, mobil jenazah, radiologi dan CT scan, layanan laboratorium, obat-obatan, beserta stok cadangan medis lainnya. Dia memastikan bahwa pelayanan akan tetap berjalan seperti hari-hari kerja, tanpa pengurangan.
“Selama masa libur Lebaran unit rawat jalan tutup sehingga kami menitik pusatkan pada pelayanan Instalasi Rawat Gawat Darurat (IGD). Begitu juga kamar operasi juga tersedia di IGD berjumlah enam ruangan, seandainya ada suatu kejadian masal kami siap melayani melalui IGD,” Tuturnya.

Persiapan di RSUD Dr Soetomo lainnya, lanjut dr. Harsono, pihaknya juga telah melakukan sistem kerja sama eksternal, dengan sistem rujukan antar rumah sakit dan puskesmas serta koordinasi lintas sektor.
“Kalau keadaan darurat ya langsung aja ke IGD. Semua persiapan sudah. Mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (Ian)
Baca Juga :  Pembinaan Poktan, Bupati: Kaum Milenial Andil Dalam Pembangunan Pertanian

Sudah dibaca : 73 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.