HOME // Pariwara // Pemerintahan

BKD Gunungan Direalisasikan Untuk Membangun Pendopo Pemdes

 Pada: Sabtu, 1 Desember 2018

Media Online Kompas Publik-  Dalam rangka mewujudkan Pemerintahan Desa (Pemdes) yang meningkatkan pembangunan untuk memajukan tarap ekonomi dan hidup masyarakat, maka perlu adanya program dan agenda pembangunan yang harus dibuat secara serius dan dilaksanakan dengan niat yang tulus serta transparan.


Salah satu Pemdes yang telah membuat program dan agenda pembangunan tersebut adalah Pemdes Gunungan, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto yang dipimpin oleh Ismiatiningsih, S.Pd. Hal ini terbukti adanya salah satu Bantuan Keuangan Desa (BKD) yang telah direalisasikan untuk pembangunan pendopo Pemdes Gunungan oleh Ismiatiningsih, S.Pd, Kepala Desa (Kades) bersama Tim Pelaksana/Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Gunungan, yakni Sukamto. 
“Tentunya pelaksanaan pembangunan pendopo Pemdes Gunungan melibatkan pekerja-pekerja dari masyarakat Desa setempat. Jadi kami dengan Kades Gunungan telah bersama-sama masyarakat membuktikan melakukan kekompakan, keseriusan, dan keguyuban untuk membangun Desa ini,” ujar Sukamto kepada awak Media Online Kompas Publik pada hari Sabtu (01/12/2018).

Masih Sukamto menjelaskan, bahwa pembangunan pendopo Pemdes Gunungan ini dibiayai oleh Bantuan Keuangan Desa (BKD) sebesar Rp. 300 Juta.
“Memang dana BKD yang telah diterima Pemdes Gunungan itu belum cukup untuk biayanya pembangunan pendopo Pemdes ini, sehingga tahun 2019 perlu mengajukan BKD lagi kepada Pemerintah Propinsi maupun pusat guna merampungkan pembangunan pendopo Pemdes yang sekarang ini masih belum rampung,” akunya. 

Lanjut Sukamto menuturkan, bahwa semenjak Desa Gunungan dipimpin  Ismiatiningsih, S.Pd banyak perubahan yang signifikan, terutama adanya program keuangan bantuan DD (Dana Desa) yang berdampak pada infrastruktur Desa dan roda perekonomian Desa. 
“Dari situlah berbagai program infrastruktur telah ia (Ismiatiningsih, S.Pd) optimalkan demi mengangkat kesejahteraan dan perekonomian masyarakat Desa ini,” tuturnya. 

Terpisah, Ismiatiningsih, S.Pd (Kades Gunungan) menambahkan, tidak hanya itu saja pembangunan yang dilakukan, pihaknya selalu mengedepankan azaz musyawarah mufakat dalam mengambil suatu keputusan dan kebijakan. 
“Hal ini dilakukan agar nantinya program itu benar benar ditempatkan pada tempat yang ditentukan. Karena nantinya semua itu untuk masyarakat kembali ke masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, harapan Kades Gunungan kepada masyarakat untuk selalu guyub dalam membangun Desa, serta membina, menjaga rasa saling percaya sesama warga setempat. Sehingga dapat menanamkan rasa memiliki Desa untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat yang bisa menuju masyarakat mandiri. (Dedi/Heru).
Baca Juga :  Lamongan Undang BBWS dan DPU SDA Jatim Rumuskan Solusi Banjir Bengawan Njero

Sudah dibaca : 127 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.