HOME // Hukum

Kadivpas Pimpin Sidak Kamar Hunian Lapas Madiun

 Pada: Rabu, 20 Juli 2022

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke jajaran lapas, dan giliran Lapas Kelas I Madiun disidak tim yang dipimpin Kadivpas Teguh WibowoKantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke jajaran lapas, dan giliran Lapas Kelas I Madiun disidak tim yang dipimpin Kadivpas Teguh Wibowo

Surabaya, Media Online Kompaspublik.com-Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke jajaran lapas, dan giliran Lapas Kelas I Madiun disidak tim yang dipimpin Kadivpas Teguh Wibowo, Selasa malam (19/7/2022).

Tidak hanya sidak, kadivpas juga memimpin penggeledahan blok hunian Lapas yang dipimpin Kunrat Kasmiri itu. Sidak dimulai pukul 22.00 WIB, Kadivpas memimpin Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim. “Kali ini kami kembali fokus ke kamar hunian kasus narkoba dan kamar tahanan pendamping,” ujar kadivpas, dalam rilis Kemenkumham Jatim yang diterima Rabu(20/7/2022).

Tim Satops secara acak langsung menuju kamar hunian narapidana kasus narkotika tepatnya di blok C dan D. Dengan teliti dan jeli tim memeriksa satu persatu barang barang terlarang yang berada di kamar warga binaan. “Tetap dengan sikap humanis, kami melakukan salam dan tegur sapa kepada warga binaan untuk memeriksa kamar mereka satu persatu,” ujarnya.

Tak ketinggalan juga bagian dapur, musholla, brandgang pun diperiksa rata oleh tim. Dari beberapa kamar dan tempat yang di geledah pada malam hari ini, tim menemukan elektronik, uang tunai, handphone, kabel charger dan beberapa benda yang terbuat dari besi/ metal. “Dengan disaksikan oleh kalapas beserta staf, seluruh barang temuan hari ini dimusnahkan,” tegasnya.

Penggeledahan pada malam kemarin, lanjut Teguh, sebagai salah satu evaluasi pelaksanakan kunjungan langsung secara terbatas. Menurut Kadivpas, kunjungan langsung setelah dua tahun ditiadakan berpotensi dimanfaatkan oknum-oknum untuk menyelundupkan barang terlarang. “Kami telah memerintahkan seluruh jajaran untuk aktif melakukan deteksi dini maupun penggeledahan agar lapas/ rutan bersih dari narkotika,” tegasnya.

Baca Juga :  Surat DP Disoal, Eggi Sudjana dan Partners Somasi

Tidak itu saja, kadivpas juga memerintahkan jajarannya agar teliti dalam memeriksa barang bawaan pengunjung. Terutama yang akan di bawa masuk ke dalam ruang besukan. Dari sisi warga binaan, pihaknya telah mengimbau agar membantu petugas lapas menciptakan suasana yang kondusif. Salah satunya dengan tidak menyalahgunakan narkotika. (kj/an)


Sudah dibaca : 119 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.