HOME // Pemerintahan

Gubernur Khofifah Lepas Tim Ekspedisi 77 Pengibar Bendera di Puncak Gunung Arjuno

 Pada: Senin, 15 Agustus 2022

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melepas Tim Ekspedisi 77 yang akan melakukan upacara pengibaran bendera Merah Putih sebanyak 77 dan penanaman pohon tahura di Puncak Gunung Arjuno

Surabaya, Media Online Kompaspublik.com Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berangkatkan Tim Ekspedisi 77 yang akan melakukan upacara pengibaran bendera Merah Putih sebanyak 77  dan penanaman pohon tahura di Puncak Gunung Arjuno  tepat pada detik-detik Proklamasi tepat pada peringatan HUT RI ke 77.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih pada tim ekspedisi 77 yang menunjukkan kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan melakukan upacara dan pengibaran 77 bendera Merah Putih di puncak Gunung Arjuna.

Gubernur Khofifah mengatakan Gunung Arjuno sengaja dipilih karena sejumlah alasan. Pertama karena Gunung Arjuno ada di kawasan Taman Hutan Raya R Soeryo yang dikelola Pemprov Jatim.

Selain itu, Gunung Arjuno merupakan cagar biosfer di kawasan Bromo Tengger Semeru yang bahkan telah ditetapkan oleh Unesco pada 2015 silam.

” Hal yang sangat luar biasa menurut saya yang saudara lakukan adalah kecintaan Merah putih dan negeri ini dengan cara masing-masing. Saudara ingin menyampaikan pesan kepada dunia bahwa saudara mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Gubernur Khofifah saat memberikan sambutan pada pelepasan tim Ekspedisi 77, di halaman Gedung Negara Grahadi, Senin(15/8/2022).

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Jumadi menjelaskan alasan Gunung Arjuna sebagai tempat upacara pengibaran 77 bendera karena, Gunung Arjuno dikelola oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang merupakan bagian dari cagar biosfer Bromo Tengger Semeru dan Gunung Arjuno juga merupakan taman hutan raya dengan tingkat efektivitas tertinggi di Indonesia selama dua  tahun berturut-turut.

Baca Juga :  Pendapatan Pajak Daerah Jatim Tahun 2019 Capai 15 Triliun

Ia menambahkan ekspedisi 77 adalah bagian dari membangkitkan kembali semangat nasionalisme anak muda dan semangat Jawa Timur optimis bangkit. ” Ada tujuh elemen yang diantaranya  terdiri dari Mahasiswa Pencinta Alam, Pramuka, semua akan naik ke puncak Arjuno pada tanggal 17 Agustus 2022, pukul 06.00 pagi, dan melakukan pengibaran bendera, dan usai acara akan melakukan penanaman pohon cemara dan membersihkan sampah, “jelasnya.  (an)


Sudah dibaca : 19 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.