HOME // Pemerintahan

Peringatan HPS 2022 Jatim, Gubernur Khofifah Ajak Kepala Daerah Wujudkan Kedaulatan Pangan

 Pada: Kamis, 20 Oktober 2022

Gubernur Khofifah Ajak Kepala Daerah Wujudkan Kedaulatan Pangan

Surabaya, MediaAllround/kompaspublik.com-Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh Bupati dan Walikota untuk mewujudkan pesan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-42 tahun 2022 yakni “Leave No One Behind; Better Production, Better Nutrition, a Better Environment, and a Better Life”yang artinya jangan tinggalkan satu orang pun: produksi yang lebih baik, nutrisi yang lebih baik, lingkungan yang lebih baik, dan kehidupan yang lebih baik.

“Kita harus menyiapkan kedaulatan pangan dan kewenangan para Kepala daerah, Bupati dan Walikota kuat sekali untuk bisa me-Manage Bagaimana kedaulatan pangan bisa kita wujudkan di Provinsi Jawa Timur,”ujar Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-42 Provinsi Jawa Timur tahun 2022, di Gedung Jatim Expo, Rabu(19/10/2022).

Dalam peringatan Hari Pangan Sedunia ke-42 Provinsi Jatim juga dihadiri oleh sejumlah Bupati dan Walikota se-Jawa Timur dan juga dimeriahkan berbagai lomba dan pameran pangan dari pemerintah kabupaten dan kota se-Jawa Timur.

Gubernur Khofifah mengharapkan seluruh pemerintah daerah di Jawa Timur agar mencapai produksi pangan yang lebih baik dengan menjaga produksi padi dan  memanfaatkan area lahan untuk meningkatkan penanaman kembali. ” Produksi padi kita Insya Allah tetap tertinggi dari provinsi lain, tapi setinggi tahun 2020 dan 2021, ” ajaknya.

Untuk mewujudkan kebutuhan nutrisi yang lebih baik, Gubernur Khofifah menekankan kembali pengurangan angka stunting yang telah ditargetkan oleh Presiden Joko Widodo, agar mencapai dibawah angka 14 persen pada tahun 2024.

Sedangkan terkait upaya lingkungan yang lebih baik, Gubernur Khofifah meminta Bupati dan Walikota agar tidak menjual Lahan Sawah Dilindungi (LSD) untuk area industri guna kedaulatan pangan. Hal tersebut menurut Gubernur Khofifah sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik.(an)

Baca Juga :  Kabupaten Mojokerto akan Gelar Majapahit Festival di Agustus Nanti

Sudah dibaca : 71 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.