HOME // Nasional

Seribuan Warga Jatim di Jakarta Ikut Mudik Gratis Pemprov Jatim

 Pada: Selasa, 18 April 2023

Jakarta, Media Online Kompas Publik.com – Sebanyak 1.080 warga Jawa Timur (Jatim) yang tinggal di Jakarta, hari ini, Selasa (18/4/2023), berangkat mudik ke berbagai wilayah Jawa Timur melalui Program Mudik Gratis Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pemberangkatan secara simbolis dilakukan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Turut hadir di lokasi acara antara lain Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi Kepala Basarnas, dan Adhy Karyono Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur.

Kemudian, ada Nyono Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, dan Zainal Fanani Kepala Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Jakarta.

Dalam keterangannya sesudah melepas para pemudik, Gubernur Jawa Timur berharap Program Mudik Gratis bisa membantu warga Jawa Timur yang ingin bersilaturahmi dengan keluarga pada momen lebaran, dan mengurangi kemacetan di jalan.

“Semoga Program Mudik Gratis yang tiap tahunnya diadakan Pemprov Jatim bisa mengurangi kemacetan dan membantu warga Jatim yang mau silaturahmi di kampung halaman,” ujarnya.

Khofifah juga menegaskan berbagai sarana infrastruktur di wilayah Jawa Timur siap menerima arus mudik Lebaran Idulfitri tahun ini.

Sementara itu, Nyono Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur menyebut, tahun ini total ada 24 bus yang mengangkut pemudik tujuan Jawa Timur dari Jakarta.

Rinciannya, 23 bus disediakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan satu bus disediakan Pewarta Jawa Timur.

Dia menjelaskan, ada 4 bus tujuan Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Lalu, delapan bus tujuan Ngawi, Magetan, Madiun, Ponorogo, dan dua bus tujuan Pacitan.

Selanjutnya, empat bus menuju Bojonegoro, Tuban, Babat, Lamongan, dan Gresik. Satu bus tujuan Kediri dan Tulungagung, dan satu bus menuju Nganjuk, Kertosono, Jombang.

Baca Juga :  Sudah Puluhan Tahun, Bangunan RSP Desa Karobelah “Tidak” Berfungsi

Untuk tujuan Mojokerto, Surabaya dan Malang tersedia satu unit bus, dan ada dua bus tujuan Lumajang, Jember, Banyuwangi.

Sekadar informasi, berdasarkan hasil survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan, arus mudik Jawa Timur pada momen Lebaran Idulfitri tahun ini diperkirakan mencapai 21,2 juta orang.(red)


Sudah dibaca : 62 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.