HOME // Peristiwa

Lestarikan budaya minang Gebu minang dan PKPS Jatim tampilkan musik Rebab

 Pada: Selasa, 29 Agustus 2023

Surabaya, Media Allround Kompaspublik – Gerakan Budaya dan Ekonomi Minang (Gebu Minang) DPW Jawa Timur berharap kepada masyarakat minang di jawa timur tetap melestarikan kebudayaan tradisional.

Salah satunya melalui acara malam resepsi perkawinan salah satu anggota PKPS ( Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan) bekerjasama dengan Gebu Minang yang menampilkan budaya rebab kesenian khas tradisional Sumatera Barat.

Rabab pasisia merupakan seni tutur yang berkembang pada masyarakat pesisir selatan, dimana pertunjukanya menggabungkan antara kaba atau cerita dengan iringan rabab.

Pertunjukan musik rabab di minangkabau sebagai salah satu kebudayaan yang memliki berbagai macam jenis dan kesenian tradisonal.

“Musik tradisional yang turun temurun hidup di masyarakat dan dipertahankan sebagai sarana hiburan. Perekambangan musik pada zaman sekarang mengalami perkembangan yang cukup pesat,” kata Ketua PKPS Jatim, Joni, SE.

Hal ini disebabkan teknologi yang semakin maju dan semakin praktis, dimanapun masyarakat bisa mengetahui segala hal baru dengan hanya mengaksesnya di internet, begitu pula dengan mengakses music raba yang sekarang sudah banyak berkembang di digital.

Demi melestarikan budaya ini, sengaja ditampilkan rebab ini didatangkan langsung dari daerah Sumatera Barat.

“Untuk itu tradisi kesenian ini sengaja kami bawa langsung dari daerah aslinya,” pungkasnya.

Kegiatan upacara perkawinan di surau pusat kebudayaan minang jawa timur ini dihadiri oleh Ketua Gebu Minang dan Ketua PKPS.(an)

Baca Juga :  Polda Jatim Akan Tindak Tegas Penimbun Masker

Sudah dibaca : 26 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.