HOME // Nasional // Politik // Serba Serbi

Anggota DPR RI Bersama BP2MI Jatim, Menggelar Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang

 Pada: Selasa, 14 Mei 2024
Dok : Anggota DPR RI komisi IX, Arzeti Bilbina bersama Bp2MI Jatim dan tokoh Minang

Surabaya, Media Allround- Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Jawa Timur mengadakan sosiaslisasi penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di gedung Gebu Minang Jatim, Senin 13 Mei 2024.

Kegiatan ini merupakan kerjasama anggota DPR RI komisi IX , Arzeti Bilbina dan BP2MI Jatim yang akan membahas terkait dengan mekanisme penempatan dan perlingdungan serta kiat-kiat mencegah terjadinya TPPO.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Arzeti Bilbina, Anggota DPR RI komisi IX dari dapil Surabaya-Sidoarjo.
Arzeti mengungkapkan Kerjasama ini memberikan pencerahan dan berbagi untuk bagaiamana tenaga kerja bekerja di luar negeri.

Gebu Minang DPD Jawa timur bersama BP2MI Jawa timur dalam waktu dekat akan melaksanakan MOU untuk Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang dengan slogan Sikat Sindikat (red)
“Artinya jika ada dan menemukan adanya indikasi perdagangan orang langsung saja laporkan,” tegas Arzetti.

Lebih lanjut, Arzetti mengatakan bahwa Gebu Minang itu mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang kuat dan berkualitas. Sehingga kami memberikan kesempatan pada mereka yang belum bekerja untuk mengikuti program kerja di luar negeri yang resmi dan dalam pengawasan dan perlindungan dari negara.
“Dengan demikian Gebu Minangkabau turut serta mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia, khususnya di Jawa timur,” tutur Arzetti.

Guntar Sabara, Perwakilan dari BP2MI Jatim, juga menyampaikan cara paling baik mencegah terjadinya TPPO adalah dengan mecegah mengirim tenaga kerja tak terampil keluar negeri.Dok : Masyarakat Minang saat sosialisai di gedung serbaguna DPD Gebu Minang Jatim.

Lalu yang berikut dia menegaskan setiap orang yang mau bekerja di luar negeri wajib melalui jalur ya resmi atau legal.

“Legal itu penting kenapa harkat dan martabat bangsa ada pada PMI,” ujarnya.Sementara itu, Sekertaris DPD Gebu Minang Jawa Timur, Sahlan menambahkan bahwa program tersebut merupakan salah satu upaya penurunan angka pengangguran di Jawa timur.

Baca Juga :  Pungutan Ujian Disoalkan, Kepala SMKN 1 Jatirejo Didemo Siswa/Siswinya

“Dengan adanya MOU dengan BP2MI Jawa timur, nantinya Gebu Minang bisa memfasilitasi SDM kita yang unggul dan yang mempunyai skill dan kecerdasan untuk bekerja di luar negeri,” harapnya.(an)


Sudah dibaca : 17 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.