HOME // Ekonomi // Pariwara

Acara Trawas Unduh Duren Perdana Disukseskan Camat

 Pada: Minggu, 1 April 2018
Petani Buah Duren Kecamatan Trawas,  Dapat Bantuan 3 Jenis Bibit Dari Tirto

MOJOKERTO.kompaspublik.com– Acara Trawas Unduh Duren yang bertempat dilapangan depan Koramil Trawas pada hari Sabtu (31/3/2018) nampak ramai dipadati pengunjung lokal maupun luar Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

Acara Trawas Unduh Duren ini, dihadiri oleh seorang ahli dibidang pengelolaan bibit dan kandungan buah-buahan duren, dan dipadegani oleh Camat Trawas beserta Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Trawas sebagai bentuk mengembangkan wisata lokal melalui produksi buah duren yang berkualitas, agar tidak kalah dengan buah duren diwilayah lainnya. Sebab wilayah Trawas sejak jaman dulu sudah dikenal punya buah duren yang enak dan nikmat rasanya. 
“Sejak jaman dulu, daerah Trawas adalah salah satu kawasan di Kabupaten Mojokerto yang dikenal sebagai penghasil buah-buahan duren berkualitas, tapi sayangnya, hasiL budi daya buah ini tidak pernah dikembangkan atau ditingkatkan oleh petaninya. Jadi, melalui acara Trawas Unduh Duren yang dipadegani oleh Camat Trawas, tentunya bertujuan untuk mengajak petani buah duren di Kecamatan Trawas mengembangkan dan meningkatkan budi daya tanaman buah duren, agar kedepannya nanti, hasilnya dapat dirasakan oleh petaninya, serta dapat menjadi aicon Kecamatan Trawas pada umumnya, dan khususnya Kabupaten Mojokerto,” Kata Sukarnadi, Ketua Panitia Acara Trawas Unduh Duren pada hari Sabtu (31/3/18).

Masih sambutan Sukarnadi menerangkan, acara ini, dihadiri oleh donatur yang memberikan bantuan 3 jenis bibit buah duren kepada petani buah duren Trawas. Dan donatur itu, bernama Tirto, pemilik perkebunan buah duren Di Desa Belik.

“Setelah ini, tentunya ada pembagian bantuan 450 bibit buah duren kepada petani buah duren secara simbolis dari Bapak Tirto, pemilik perkebunan buah duren di Desa Belik,” Terangnya.
Selanjutnya didalam sambutan  Camat Trawas menuturkan, acara Trawas Unduh Duren ini, dihadiri oleh Tirto seorang ahli didalam bidang pengelolaan bibit dan buah duren. Bahkan Ia (Tirto) tahu persis terhadap kandungan dan manfaatnya buah duren. Jadi buah duren itu, jika dikonsumsi sangat menyehatkan.
“kebetulan acara ini, dihadiri oleh Bapak Tirto yang ahli didalam bidang perdurenan. Dan buah duren itu, jika makan sangat menyehatkan. Walau pagi ini, belum makan nasi, gak apa-apa makan buah duren,” Tuturnya.
Nampaknya, lanjut Camat Trawas memaparkan, Acara Trawas Unduh Duren  ini, akan di agendakan oleh Muspika sebagai kegiatan yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali, guna mengapresiasikan keberhasilan Masyarakat Trawas dalam membudayakan hasil bumi buah durian.
“Acara Trawas Unduh Duren ini, adalah acara perdana. Dan acara ini, akan dijadikan agenda tahunan sebagai bentuk memberdayakan potensi wilayah Trawas sebagai daerah tujuan wisata yang berbasis alam dan hasil bumi demi terwujudnya perekonomian berbasis kerakyatan dan industri kreatif. Sedangkan disisi lain, acara ini terdapat kurang lebih 50 stan promosi hasil bumi duren Trawas yang terkenal sampai manca negara,” Paparnya.
Dengan dimeriahkan oleh electone,  pagelaran kesenian bantengan Ki Ageng Penanggungan, dan kesenian daerah lainnya, acara Trawas Unduh Duren sangat sukses. (tawi). 
Baca Juga :  Hadiri Koordinasi dan Evaluasi Kepesertaan Jaminan Kesehatan, Bupati Mojokerto: "Saya minta tolong datanya diperbaiki"

Sudah dibaca : 94 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.