HOME // Daerah // Kejadian // Pariwara

Setiap Malam Satu Suro, PSHT Rayon Dimong Adakan Slametan & Doa Bersama

 Pada: Sabtu, 30 Juli 2022

Madiun. Media Allround- Malam tahun baru Islam yang jatuh pada tanggal 1 Muharram dalam kalender Hijriyah oleh sebagian masyarakat kita juga dikenal dengan sebutan malam satu suro menjadi momen malam satu suro untuk melakukan berbagai kegiatan atau ritual, seperti tirakatan dan memanjatkan doa bagi masyarakat Jawa, hal ini seperti yang dilaksanakan oleh warga PSHT Rayon Dimong Ranting Nglames yang mengelar tirakatan ditempat latihannya pada hari Jum’at malam, (29/7/202).

Menurut Dedik Agus Apriono, Ketua Rayon Dimong menyampaikan, bahwa setiap malam 1 Suro, pihaknya rutin menggelar tirakatan dan Doa bersama yang merupakan tradisi dari SH Terate dalam menyambut 1 Suro, contohnya seperti slametan dan kegiatan berjalan mengelilingi wilayah setempat dengan Napak (tanpa alas kaki) dan mbisu (tidak bicara).
“Kegiatan malam 1 Suro itu, sudah menjadi tradisi bagi anggota perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), karena kegiatan itu sebagai kegiatan refleksi yang mengandung makna mendalam dan pelajaran yang berarti dalam hidup. Oleh sebab itu, setiap menjelang tahun baru Hijriah atau biasa di kenal dengan malam 1 Suro, pasti kami selalu mengadakan acara tirakatan dan doa bersama, agar seluruh warga SH Terate hidupnya selalu dalam mendapatkan ridho dari Allah SWT, dijauhkan dari sambikolo dan didekatkan dengan kehidupan yang bahagia dan guyub rukun,” kata Dedik Agus Apriono kepada awak media ini, Jum’at (29/07/2022).

Sambung Dedik Agus Apriono, Tirakatan dan doa bersama di tujukan kepada pendiri PSHT Ki Hadjar Hardjo utomo dan leluhur cikal bakal PSHT. “Semoga dengan di adanya slametan dan tirakatan ini, PSHT Rayon Dimong menjadi Bertambah berkembang, dan semakin guyub rukun,” pungkasnya. (Sutris).

Baca Juga :  Akibat PT. SJA Disinyalir Buang Limbah Kesungai, "Warga Sekitar Mengalami Gangguan Kesehatan"

Sudah dibaca : 58 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.