HOME // Daerah

Perhutani Probolinggo dan Polres Lumajang Tingkatkan Keamanan Kawasan Hutan

 Pada: Sabtu, 12 November 2022

Administratur KPH Probolinggo Ida Jatiyana beserta jajarannya, dan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lumajang Dewa Putu Darmawan 

Probolinggo, MediaAllround/kompasublik.com-Perhutani Probolinggo dan Polres Lumajang terus meningkatkan keamanan dan perlindungan kawasan hutan. Bahkan kedua lembaga tersebut telah melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS).

Kerjasama tersebut dalam rangka penyelesaian tenurial, keamanan dan perlindungan kawasan  hutan serta permasalahan sosial di wilayah kabupaten Lumajang yang dihadiri Administratur KPH Probolinggo Ida Jatiyana beserta jajarannya, dan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lumajang Dewa Putu Darmawan beserta jajarannya.

Administratur KPH Probolinggo, Ida Jatiyana, Sabtu (12/11/2022) menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Lumajang atas terlaksananya acara tersebut, sehingga kedepan bisa berkoordinasi dan bersilaturahmi dalam rangka penyelesaian tenurial bila terjadi diwilayah kerjanya.

Menurutnya, penandatanganan kerjasama ini bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dalam rangka penyelesaian permasalahan sosial, keamanan dan perlindungan dalam kawasan hutan wilayah Kabupaten Lumajang .

Selain itu, memberikan legalitas pemahaman serta jalan penyelesaian yang baik yang saling menguntungkan antara Perhutani dengan Polres Lumajang serta masyarakat sesuai apa yang tertuang dalam PKS.

“Kami berharap dengan terlaksananya penandatanganan PKS ini, Kapolres serta jajarannya bisa membantu Perhutani dalam memberikan edukasi, bimbingan dan petunjuk tehnis kepada masyarakat tentang pemanfaatan kawasan hutan,” ujar Ida Jatiyana.

Sementara itu, Kapolres Lumajang Dewa Putu Darmawan mengucapkan terimakasih kepada Perhutani atas kepercayaan terhadap Polres Lumajang dalam rangka perlindungan kawasan hutan.

Dewa Putu juga menyampaikan bahwa harapannya dalam kegiatan ini ada berkelanjutan dan tidak hanya seremonial penandatangan kerjasama, memang sejauh ini Perhutani sudah sering kerjasama dengan jajarannya dalam hal mengungkap illegal logging yang menjadi upaya Polres Lumajang untuk bersama-sama menjaga kelestarian hutan, agar hutan wilayah Lumajang terhindar dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga :  Penanganan Sapi Positif PMK di Mojokerto, di Tinjau Gubernur Jatim

Dalam hal ini Polres Lumajang akan selalu siap mendukung program-program Perhutani dalam membantu menyelesaikan masalah keamanan perlindungan kawasan hutan dalam rangka penyelesaian tenurial. (jal)


Sudah dibaca : 28 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.