HOME // Daerah

DPW SWI Jatim Gelar Sertifikasi Kompetensi Wartawan, 7 Anggota SWI Sidoarjo Lulus Sertfikasi Dari LSP Pers Indonesia dan BNSP

 Pada: Minggu, 15 Oktober 2023

Pasuruan, Media Allround Kompaspublik -Sekber Wartawan Indonesia (SWI) DPD Sidoarjo kembali melahirkan 7 (tujuh) wartawan muda angkatan Pertama dalam Uji Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) LPS Pers Indonesia yang digelar selama 2 hari 14 – 15 Oktober 2023 di ruang Rapat DPRD Kabupaten Pasuruan.

Sebelum kegiatan berakhir, Ketua DPW SWI Jawa Timur, Suharto, SH, mengumumkan bahwa, dengan lahirnya tujuh wartawan muda yang baru artinya bertambah pula jumlah wartawan yang ada di Indonesia.

“Selamat untuk 7 wartawan muda DPD SWI Sidoarjo yang dinyatakan berkompeten hari ini. Semoga ini menjadi langkah awal menjadi jurnalis profesional,” ucapnya saat penutupan kegiatan, Minggu (15/1//2023).

Di tempat yang sama, Ketua SWI DPD Sidoarjo, NC Suherman mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih untuk DPRD Kabupaten Pasuruan dan Pemkab Pasuruan yang terus mendukung kegiatan selama ini dan bekerja sama dengan DPW SWI Jatim dan DPW MIO Jatim.

Selain itu, dirinya mengimbau kepada seluruh peserta yang lulus UKW/SKW menjadi wartawan muda untuk tetap memahami kode etik serta bersikap baik dan santun selama bekerja.

“Tentu mendidik dan melahirkan wartawan berkualitas adalah bantuan semua pihak. Sinergi untuk mendidik tenaga profesional itu penting. Untuk yang sudah lulus UKW, tidak cukup menulis dengan baik dan kode etik saja yang diingat tapi perilaku juga. Meskipun penulisan baik tapi sikap dan tingkah lakunya tidak baik itu bukan ciri wartawan profesional,” tegas Suherman saat memberikan arahan pada kegiatan penutupan.

Suherman juga memberikan penjelasan bahwa terdapat perbedaan bagi wartawan yang lulus dari UKW muda dengan mereka yang belum berkompeten. Sehingga predikat ini harus dijaga dengan kualitas dan pengembangan diri setiap harinya.

Baca Juga :  Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati-Wabup Sukabumi, Berlangsung Tertib Dan Lancar

“Selamat bagi Anggota SWI DPD Sidoarjo yang lulus pada uji sertifikasi kompetensi wartawan BNSP angkatan pertama ini. Selanjutnya kedepan mungkin ada beberapa anggota lagi yang akan menyusul pada periode angkatan kedua,” pungkas Suherman.(an)


Sudah dibaca : 24 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.