HOME // Daerah

KPU Sidoarjo Lantik PPS Pilkada 2024

 Pada: Selasa, 28 Mei 2024

Sidoarjo, Media Allround Kompaspublik – Sejumlah anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) mengikuti pengambilan sumpah jabatan yang filaksanakan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (26/5/2024).

Sebanyak 1.839 PPS Sidoarjo dilantik untuk ditempatkan di 18 kecamatan guna terselenggaranya Pilkada 2024. Pelantikan PPS tersebut disaksikan langsung oleh Plt. Bupati Sidoarjo, Subandi.

Menurut Subandi, PPS wajib melaksanakan semua tahapan pemilu, mulai dari Tingkat kelurahan / desa. Pada saat mengumpulkan dan menghitung surat suara harus teliti dan hati – hati. Karena pada tahap ini rawan terjadi pelanggaran.

“Tugas PPS cukup berat selain sebagai ujung tombak pemilu, juga memegang Amanah dari seluruh masyarakat sidoarjo untuk suksesnya Pemilu 2024,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sidoarjo, Muhammad Iskak, mengatakan bahwa anggota PPS yang baru dilantik telah melalui proses seleksi yang Panjang. Hasilnya terpilih 1.038 anggota PPS dari 18 kecamatan se- kabupaten Sidoarjo.

“Perlu saya ingatkan, menjadi penyelenggara pemilu sangat berat, karena haris bisa menjaga jarak, maksudnya kedekatan secara sosial dengan para kontestan, tidak memihak,” tegasnya.

Iskak juga menegaskan, bahwa anggota PPS yang baru dilantik ini juga akan kehilangan satu hak, yakni hak bersuara di publik, karena PPS memang harus netral. Semua kontestan pemilu harus diperlakukan sama oleh PPS. (an).

Baca Juga :  HUT RSUD Prof. Dr. Soekandar Ke-22, Bupati Mojokerto Apresiasi Pelayanan Prima Di Masa Pandemi

Sudah dibaca : 10 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.