HOME // Pendidikan

Komisi E DPRD Jatim Harap Pemprov Optimalkan SMNOR Untuk PPLP

 Pada: Selasa, 24 Januari 2023

Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Jawa Timur

Surabaya, Media Online Kompaspublik.com-Komisi E Dewan Perwakilan Rakyar Daerah mendorong dan berharap agar pemerintah provinsi Jawa Timur mengoptimalkan  SMA Negeri Olahraga (SMANOR) milik Pemprov Jatim untuk Pendidikan dan Pelatihan Olahraga Pelajar (PPLP). Dimana dorongan tersebut demi memajukan minat pemuda dalam dunia olah raga, khususnya dalam olah raga pendidikan yang diamanatkan UU No 11 Tahun 2022.

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hikmah Bafaqih dikonfirmasi, Jumat (20/1/2023) mengatakan untuk menjalankan amanat olahraga pendidikan, Kemenpora mempunyai program Pendidikan dan Pelatihan Olahraga Pelajar (PPLP), namun di Jatim PPLP masih belum terkoordinir dengan baik. Oleh karenanya, fasilitas yang ada seperti SMANOR harus dimaksimalkan.  “Kita punya SMANOR, tingal bagaimana kemudian SMANOR kita refitalisasi, kita optmalkan,” katanya.

Dikatakannya, berdasarkan data Statistik Sosial Budaya 2021 (BPS), budaya berolahraga penduduk Jawa Barat berumur lima tahun ke atas berada di peringkat dua nasional, sedangkan Jatim di peringkat 16 dan di bawah rata-rata nasional. Ia perkirakan salah satu faktor mengapa Jatim masih kalah dalam segi olahraga, karena pelatihannya tidak terpusat.

“Memang mungkin tidak terpusat ya pelatihannya. Dana dari APBN saja, kita salurkan langsung kepada atlet di masing-masing cabang olahraga,” ujarnya.

Untuk pendanaan, politisi PKB ini menjelaskan, untuk PPLP masih mengandalkan dana dari APBN dibawah naungan Menpora, belum ada dari APBD. Namun jika PPLP sudah terkoordinir dengan baik, dana APBD pasti akan ada.  “Kita baru APBN untuk PPLP, karena tidak ada buged khusus dari APBD untuk PPLP, karena memang tidak terpusat,” katanya.

Disisi lain, Kadispora Jatim, Pulung Chausar akan melakukan koordinasi dengan legislatif dan pihak-pihak terkait untuk merumuskan pengkoordiniran PPLP ini. Ia beralasan karena semua tergantung anggaran dan tempat.  “Semuanya kembali lagi kepada anggaran dan tempat, kalau memang dipusatkan. Kita akan rumuskan bersama-sama untuk selanjutnya kita laporkan ke Gubernur,” pungkasnya.

Baca Juga :  Wali Murid Ngadu Ke Presiden Soal Ruwetnya Sistim Zonasi

Seperti diketahu, komisi E DPRD Jatim bersama Dispora Jatim melakukan kunjungan kerja ke Bandung Jawa Barat tepatnya di Dinas Pemuda dan Olah Raga Pemprov Jabar, Kamis (19/1/ 2023) – Sabtu (21/1/2023). (an)


Sudah dibaca : 35 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.