HOME // Ekonomi

Ketua DPW SWI Hadiri Pelantikan MES Jatim di Islamic Center

 Pada: Kamis, 15 Juni 2023

Surabaya, Media Allround Kompaspublik – Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Erick Thohir melantik pengurus MES Wilayah Provinsi Jawa Timur, di Gedung Islamic Center. Surabaya, Rabu (14/6/2023).

Ketua Umum Pusat MES, Erick Thohir mengatakan,  di  masa kepengurusannya, telah menyiapkan empat program unggulan untuk mengembangkan dan memajukan ekonomi syariah di Indonesia. Keempat program itu meliputi, pertama, mengembangkan pasar industri halal di dalam dan di luar negeri. Kedua, mengembangkan industri keuangan syariah. Ketiga, investasi yang bersahabat yang melibatkan pengusaha daerah, dan keempat, pengembangan ekonomi syariah di pedesaan secara berkelanjutan. “Ekosistem syariah ini bisa kita dorong , kalau tadinya belum ada sistemnya , nah sekarang bisa kita dorong, nah ini kita harapkan bagaimana ekonomi umat , pesantren juga tumbuh pesat,”ujar Erick Thohir.

Ia menambahkan, lahan yang sangat terbatas bukan halangan bagi suatu negara untuk meningkatkan industri pangan halal. Ia memberikan contoh di negara Rwanda yang merupakan negara miskin di afrika yang juga bisa maju dalam mengembangkan pertanian melalui teknologi industri pangan.

Menurutnya, Indonesia sangat mampu dalam mengembangkan industri pangan yang maju, “Kalau dibandingkan negara lain, kita ini subur sekali, kita punya kemampuan untuk bertani,tidak banyak negara yang punya kemampuan seperti itu,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum MES Provinsi Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengatakan,  Pengembangan ekosistem syariah di Jawa Timur diharapkan dapat meningkatkan indeks inklusi dan literasi kuangan syariah di Jawa Timur.

Emil Elestianto Dardak, yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur, mengatakan MES Jawa Timur akan membuat program dalam peningkatan ekonomi pesantren dengan meneruskan program OPOP (One Pesantren One Product), namun kali ini dengan strategi baru yaitu dari orientasi produk beralih ke institusi produk yang berbasis pada koperasi.

Baca Juga :  Pemkab Jalin Kerjasama dengan PT Wilmar Group Tingkatkan Hasil Panen

Sementara itu, Ketua DPW SWI Jatim Soeharto, SH didampingi jajaran pengurus lain yakni, Wakil Ketua DPW SWI Jatim Hadi Martono, SH dan anggota lainnya.

Mengucapkan selamat bertugas kepada pengurus baru Masyarakat Ekonomi Syariah yang dinahkodai oleh Ketua umumnya Dr.  H. Emil Elistianto Dardak, BBus, MSc.

Suharto mengungkapkan bahwa pihaknya selalu mendukung geliat ekonomi syariah di Jatim. Ia berharap pengurus yang baru dilantik bisa mewujudkan visi dan misi serta tujuan MES di tengah masyarakat.

“Mudah mudahan Pengurus MES Jatim bisa mewujudkan visi misi dan tujuan Masyarakat Ekonomi Syariah, serta diharapkan bisa mengedukasi dan Mengembangkannya pengetahuan tentang ekonomi syariah di tengah masyarakat Jatim,” Jelas Suharto.

Hadir dalam acara pelantikan pengurus PW MES Jawa timur tersebut, Sekda Jawa timur, Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi, SH MHum, Giri Tribroto OJK, Kejaksaan Tinggi Jatim diwakili oleh koordinator Intel, dan jajaran Forkompinda Jawa timur. Serta Ketua DPW SWI Jatim dan para tamu undangan dari kalangan Kampus di Jawa timur.(an)


Sudah dibaca : 82 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.