HOME // Pendidikan

Jelang PPDB Yayasan Pendidikan Wahyuhana Surabaya Gelar Antartika Fair

 Pada: Sabtu, 17 Juni 2023

Sidoarjo, Media Allround Kompaspublik – PPDB jenjang SMA dan SMK Tahun 2023 segera dibuka. Jelang pembukaan PPDB tersebut, ada baiknya setiap sekolah memperkenalkan status profil sekolah masing-masing.

Dalam rangka memperkenalkan SMA Antartika, SMK Antartika 1, dan SMK Antartika 2 kepada masyarakat, Yayasan Pendidikan Wahyuhana Surabaya menggelar kegiatan Antartika Fair. Berlangsung mulai 16 hingga 18 Juni. Acara tersebut juga memberikan potongan khusus bagi calon peserta didik baru yang melakukan daftar ulang di lokasi.

Antartika Fair merupakan kesempatan bagi calon siswa dan orang tua untuk mengenal lebih dekat tentang profil dan kegiatan tiga lembaga Antartika. Selain itu, mereka juga mendapatkan informasi terkait kurikulum terbaru yang diterapkan, yaitu Kurikulum Merdeka.

Menurut Kepala SMK Antartika 1 Sidoarjo Drs H. Tohirin M.Pd, tujuan dari Antartika Fair adalah untuk mensosialisasikan dan menginformasikan kepada seluruh masyarakat Sidoarjo bahwa terdapat tiga lembaga pendidikan Antartika. Yaitu SMK Antartika 1, SMK Antartika 2, dan SMA Antartika.

“Kami semua berkomitmen memberikan yang terbaik untuk putra dan putri Sidoarjo,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMA Antartika Sidoarjo Mudjaini Achmad mengumumkan bahwa sebanyak 101 siswa dari SMA Antartika telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur prestasi. Jumlah itu mengalami peningkatan 6 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Di mana pada tahun lalu sebanyak 163 siswa diterima di PTN melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Tahun ini total siswa yang lulus sebanyak 486 siswa, dan target untuk tahun ini adalah membuka 13 kelas,” katanya.

Selain itu, Kepala SMK Antartika 2 Sidoarjo Retno Purwo Lystiorini menyampaikan bahwa pihak sekolah juga memberikan perhatian pada pengembangan kemampuan komunikasi siswa. Mereka mengadakan podcast sebagai sarana untuk mengasah kemampuan komunikasi anak-anak dalam menghadapi informasi terkini di sekitar mereka. Selain itu, SMK Antartika 2 juga melakukan digitalisasi dengan adanya metaverse.

Baca Juga :  Peringati Hardiknas 2023, Pemkab Mojokerto dan UNICEF Tandatangani Komitmen bersama Tangani ATS

“Para siswa diberikan kesempatan untuk membuat aplikasi yang dapat dinikmati oleh masyarakat sebagai bentuk pengembangan kompetensi siswa,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Dr Tirto Adi mengapresiasi Antartika Fair sebagai media aktualisasi yang diselenggarakan oleh SMA Antartika. Dia menyatakan bahwa media tersebut sangat baik karena memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai apa yang dilakukan oleh sekolah.

Dia juga mengungkapkan kekagumannya terhadap inovasi yang luar biasa dari satu stan ke stan lainnya. Menurut dia, ide dan gagasan yang dituangkan oleh sekolah ini dianggap sangat bermanfaat dalam memberikan solusi dalam berbagai persoalan.

“Saya berharap lulusan SMK Antartika dapat menjadi penyumbang peningkatan indeks kreativitas,” katanya.

Ketua Yayasan Pendidikan (YP) Wahyuhana Surabaya Rudianto Hari Kurniawan, menjelaskan bahwa kegiatan Antartika Fair ini bertujuan untuk memperkenalkan tiga lembaga Antartika kepada masyarakat secara lebih luas. Melalui kegiatan ini, lembaga Antartika diharapkan semakin dikenal baik dalam hal prestasi akademik maupun non-akademik. (an)


Sudah dibaca : 47 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.