HOME // Daerah // Ekonomi // Pariwara // Serba Serbi

90 Ekor Kambing Didusun Gentong Desa Talok, Dapat Suntikan Vaksinasi Dari BPP Kecamatan Dlanggu

 Pada: Rabu, 7 Februari 2024
Dok: Pada saat Tim BPP Kecamatan Dlanggu melakukan kegiatan Vaksinasi PMK hewan ternak Kambing yang berada di Kandang milik warga Dusun Gentong Desa Talok dan Dusun Sukasari Desa Punggul

Mojokerto. Media Allround- Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak Kambing atau Sapi yang berada diwilayah kerja Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Dlanggu, maka Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto memberikan tugas kepada Koordinator BPP Kecamatan Dlanggu untuk melakukan Vaksinasi PMK dan memberikan obat Vitamin terhadap hewan ternak Kambing atau Sapi milik petani ternak dengan target bulan Januari sampai Maret sebanyak 2500 ekor hewan ternak Kambing atau Sapi.

Sementara pada saat tempat BPP Kecamatan Dlanggu dipantau awak mediaallround.com, nampaknya semua Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dengan Ibu Supramono Rini. SP (Koordinator BPP Kecamatan Dlanggu) telah bersiap-siap berangkat menuju Dusun Gentong, Desa Talok, Kecamatan Dlanggu untuk mengadakan kegiatan penyuntikan Vaksin PMK dan pemberian obat Vitamin terhadap hewan ternak Kambing dan Sapi sebagai bentuk pencegahan dan penanggulangan penyebaran PMK hewan ternak Kambing dan Sapi di Wilayah BPP Kecamatan Dlanggu.
“Tentunya hari ini, kami akan melakukan kegiatan penyuntikan Vaksin PMK dan pemberian obat Vitamin kepada hewan ternak Kambing dan Sapi di Dusun Gentong, Desa Talok, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto,” kata PPL BPP Kecamatan Dlanggu (Abah Mujib nama panggilan) kepada awak mediaallround.com, Selasa (06/02/24).

Masih penjelasan Abah Mujib, “Sebelum kami semua menuju Dusun Gentong, Desa Talok, maka perkenalkan dulu Tim BPP Kecamatan Dlanggu yang akan melaksanakan kegiatan Vaksinasi PMK tersebut. Untuk itu, perkenalkan beliau adalah Ibu Supramono Rini. SP selaku koordinator BPP Kecamatan Dlanggu. Tapi kalau beliau disamping kami ini, adalah Pak Yudi sebagai petugas yang mencatat hewan ternak Kambing yang mau disuntik Vaksin. Sedangkan sebagai andalan kita, adalah Pak Sodiqin dari tim medis Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto yang di tugaskan di BPP Kecamatan Dlanggu. Terus kalau disebelah sana itu, adalah Pak Rakmad Budiono yang juga sebagai andalan BPP Kecamatan Dlanggu,” ucapnya.

Baca Juga :  Agenda Bupati Mojokerto di Bulan Ramadhan, Serahkan Bantuan Dana Hibah Oase Anak Yatim, dan Insentif Guru TPQ

Sambung Abah Mujib menerangkan, “Kalau jumlah hewan ternak Kambing yang akan kita suntik Vaksin PMK dan diberi obat Vitamin hari ini, targetnya sekitar 100 ekor. Dan mudah-mudahan pelaksanaannya nanti, bisa lebih dari targetnya. Dan semoga kegiatan Vaksin PMK yang kita laksanakan nanti, bisa bermanfaat bagi para peternak Kambing di Dusun Gentong, Desa Talok,” pungkasnya.

Sedangkan dari pantauan awak mediaallround dilapangan mengetahui, ketika sudah sampai di Dusun Gentong, Desa Talok, semua PPL dengan Koordinator BPP Kecamatan Dlanggu (Ibu Supramono Rini. SP) terlebih dahulu menemui Ibu Rumani (Kepala Dusun Gentong) untuk melakukan koordinasi terkait adanya kegiatan Vaksinasi PMK dan pemberian obat Vitamin pada hewan ternak Kambing tersebut.

Lalu setelah selasai Koordinasi, semua PPL dengan Ibu Supramono Rini. SP yang didampingi Ibu Rumani melakukan kegiatan penyuntikan Vaksin PMK di kandang hewan ternak Kambing milik warga Dusun setempat. Karena pelaksanaannya kegiatan Vaksin PMK dilakukan dengan penuh semangat, maka penyuntikan Vaksin PMK terhadap 90 ekor hewan ternak Kambing itu, di selasaikan sekitar dua jam saja.

Kemudian disaat Sodiqin, tim medis Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto yang ditugaskan di BPP Kecamatan Dlanggu melakukan penyuntikan Vaksin PMK hewan ternak Kambing yang berada di Kandang milik warga Dusun tersebut, mengatakan kepada awak mediaallround.com tentang dosis Vaksin yang di suntikan ke setiap ekor hewan ternak Kambing di Kandang milik warga Dusun tersebut.
“Kalau dosis Vaksin PMK yang kami suntikkan ke setiap ekor hewan ternak Kambing itu, dosisnya sebanyak 100 ml. Tapi kalau untuk hewan ternak Sapi, dosisnya sebanyak 200 ml,” kata Sodiqin singkat.

Ditempat yang sama, Yudi menambahkan keterangan Sodiqin yang singkat tersebut, “Bahwa menurut data yang kami simpan, kalau sejak bulan Januari sampai awal bulan Pebruari ini, hewan ternak Kambing dan Sapi, yang sudah kami suntik Vaksin PMK dan diberi obat Vitamin itu, sekitar 1500 ekor,” terang Yudi kepada awak mediaallround.com.

Baca Juga :  Peringati HKG PKK Ke 50, PKK Kabupaten Mojokerto Siap Sambut Indonesia Emas 2024

Lanjut Yudi membeberkan, “Karena target kegiatan penyuntikan Vaksin PMK hewan ternak Kambing dan Sapi yang telah diberikan Dinas Pertanian Kabupaten kepada BPP Kecamatan Dlanggu sebanyak 2500 ekor, maka Kambing dan Sapi yang belum di suntik Vaksin PMK oleh tim BPP Kecamatan Dlanggu itu, masih tersisa 1000 ekor hewan ternak Kambing dan Sapi. Semoga sampai akhir bulan Maret 2024 nanti, sisanya 1000 ekor hewan ternak Kambing dan Sapi itu, bisa kami suntik Vaksin PMK semua,” do’a Yudi tegas.

Mengetahui hewan ternak Kambing dan Sapi di Dusun Gentong, Desa Talok sudah di suntik Vaksin PMK dan sudah diberi obat Vitamin semua, maka Ibu Supramono Rini. SP melalui Abah Mujib mengajak ke tempat Kandang ternak hewan Kambing dan Sapi milik warga Dusun Sukosari, Desa Punggul, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto. Tapi sayangnya, hewan ternak Kambing dan Sapi di Dusun Sukasari, Desa Punggul tersebut, hanya bisa di suntik Vaksin PMK dan diberi obat Vitamin hanya 8 ekor Kambing dan 1 ekor Sapi. Karena sudah pukul 12 siang dan tidak ada lagi hewan ternak Kambing dan Sapi yang di suntik Vaksin PMK, maka kegiatan Vaksin PMK dan pemberian obat Vitamin hewan ternak Kambing dan Sapi selasai.

Namun sebelum Ibu Supramono Rini. SP (yang akrab dipanggil Bu Rini), kembali kekantornya BPP Kecamatan Dlanggu, ia (Bu Rini. Red) kepada mediaallround.com menerangkan, “Hari ini, kami bersama tim BPP Kecamatan Dlanggu telah melakukan penyuntikan Vaksin PMK dan pemberian obat Vitamin hewan ternak sebanyak 90 ekor Kambing di Dusun Gentong, Desa Talok,” terang Bu Rini kepada awak mediaalrround.com tegas.

Selain itu, sambung Bu Rini, “Kami sejak bulan Januari sudah melakukan kegiatan Vaksin PMK hingga sekarang ini. Dan kalau kami jumlah, maka hewan ternak Kambing dan Sapi yang sudah kami suntik Vaksin PMK dan diberi obat Vitamin itu, sekitar 1500 ekor. Jadi mulai sekarang hingga akhir bulan Maret 2024, masih ada 1000 ekor hewan ternak Kambing dan Sapi yang belum kami suntik Vaksin PMK dan diberi obat Vitamin. Semoga diakhir bulan Maret nanti, kami bisa menyelesaikan penyuntikan Vaksin PMK dan pemberian obat Vitamin kepada 1000 hewan ternak Kambing dan Sapi itu. Sehingga target yang diberikan kepada BPP Kecamatan Dlanggu oleh Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, untuk melakukan penyuntikan Vaksin PMK dan memberikan obat Vitamin terhadap 2500 ekor hewan ternak Kambing dan Sapi dapat kami penuhi,” tuturnya.

Baca Juga :  Bantuan Propinsi Untuk Perbaikan Jalan di Realisasikan, Kades Wangun Jaya Bersama Warganya Berterima Kasih

Terakhir, Supramono Rini. SP menambahkan, “Untuk tahun 2023 kemarin, kami dari tim BPP Kecamatan Dlanggu telah melaksanakan kegiatan Vaksinasi PMK yang memenuhi target. Sehingga kami dari tim BPP Kecamatan Dlanggu mendapatkan juara terbaik nomor tiga (3) Se – Kabupaten Mojokerto. Semoga tahun 2024, kami dari tim BPP Kecamatan Dlanggu juga menjadi juara terbaik didalam melakukan kegiatan Vaksinasi PMK sekarang ini,” pungkasnya.

Perlu diketahui, bahwa kepala Dusun Gentong (Rumani) dengan warganya mengucapkan bersyukur alhamdulillah dan berterima kasih banyak atas kesediaan tim Vaksinator beserta jajaran Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto dalam memberikan suntikan Vaksin PMK dan obat Vitamin kepada hewan Kambing yang diternaknya itu. Semoga kegiatan Vaksinasi PMK dan pemberian obat Vitamin hewan ternak Kambing dan Sapi yang dilakukan oleh tim BPP Kecamatan Dlanggu segera dibalas Allah sesuai dengan amal kebaikannya itu. Sehingga apa yang telah diberikan kepada warga Dusun setempat oleh tim BPP Kecamatan Dlanggu pada hari ini, dapat bermanfaat dan mampu memberikan rasa aman dan tenang serta dapat menambah kemajuan perekonomian warga Dusun setempat. (Ibnu/Tawi).


Sudah dibaca : 61 Kali
 


Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.